Minggu , 16 Desember 2018
Home / Berita Terkini / HASIL STUDI BANDING, FURNITURE JEPARA & MUNCAN BERBEDA JAUH

HASIL STUDI BANDING, FURNITURE JEPARA & MUNCAN BERBEDA JAUH

Lombok Tengah – Apel Pagi, Senin (26/11/2018). Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah, Drs. H Saman selaku pembina apel pagi ini. Dalam amanatnya menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan karyawati Disperindag Lombok Tengah atas meningkatnya disiplin kerja.

Selanjutnya Kepala Dinas menceritakan kegiatan studi banding ke Jepara dengan para perwakilan IKM yang bergerak di bidang furniture dan meubeler dari tanggal 22 -24 November 2018. Kadis menyatakan bahwa pengerajin kita berbeda jauh dengan para pengerajin jepara, baik dari sisi peralatan, etos kerja dan manajemen usaha. Dari sisi peralatan mereka sudah mengadopsi peralatan modern dan canggih sehingga hasil lebih bagus dan tingkat pengerjaan lebih cepat.

Kemudian untuk etos kerja dan manajemen usaha, hal ini yang paling kontras dengan IKM kita di Lombok Tengah. Semangat kerja dan ketekunan para pengerajin Jepara menjadi point penting dalam membangun usaha. Namun dari sisi upah bisa dikatakan sangat murah sebagai contoh, mereka hanya diupah 30 ribu untuk mengamplas dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Selanjutnya dari sisi pemasaran, hasil kerajinan Furniture Jepara hampir di semua provinsi sudah ada, bahkan sampai ke luar negeri. Oleh karena itu dengan studi banding ini bisa menjadi motivasi bagi para pengerajin meubeler terutama di sentra meubeler Desa Muncan agar lebih terpacu lagi, baik dari sisi kualitas produk dan manajemen usaha serta pemasarannya. (hid)

About muhamad zahid

Muhamad Zahid, adalah salah satu Pengembang dan Juga sebagau pandusiar, Creatif Team sekaligus Owner dari MADANI TV Online, Media TV Online Pertama di Lombok Tengah yang menghadirkan acara acara seru melalui FB dan Youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.